Dijamin Sukses! 15 Tips Mengatur Uang Ala Raditya Dika

Ilustrasi Mengeloala keuangan kecerdasan finansial
My Mahdaf, 15 Tips Mengatur Uang Ala Raditya Dika - Kehidupan memang tidak terlepas dengan yang namanya uang. Kita mau beli kebutuhan hidup, beli makan, beli apapun juga pake duit. 

Setiap orang harus tau cara memakai uang yang baik dan benar. Jika tidak tahu cara ngatur uang, maka orang tersebut akan rugi dan menyesal di kemudian hari. Contoh mudanya adalah beli barang yang tidakterlalu penting, BPJS (Budget Pas-pasan Jiwa Sosialita) , gaya-gayaan, dan perilaku konsumtif lainnya yang berakibat fatal.

Oleh karena itu kamu harus mengerti cara mengatur atau mengelola uang, nama kerennya ialah kecerdasan finansial. 

Ada salah satu komedian yang menerapkan prinsip hidup minimalism dan bijak mengatur uang. Yaitu Radiya Dika. Dia dulunya dikenal sebagai penulis, komedian, sutradara dan hingga sekarang ia aktif menjadi YouTuber. Di channel Youtube-nya ia pernah membagi tips pensiun sebelum umur 40 tahun dan tips mengatur uang sederhana yang perlu dipahami banyak orang.

15 TIPS MENGATUR UANG ALA RADITYA DIKA

Kami sudah merangkum 15 tips Raditya Dika dalam mengatur uang yang pastinya sangat bermanfaat sekali bagi kita semua.

  • 1. Beli barang untuk diri sendiri. 
Beli barang karena kamu senang, bukan karena mau impress orang lain.
  • 2. Waktu adalah teman terbaik untuk investasi. 
Semakin lama kamu berinvestasi, semakin besar hasil akhirnya.
  • 3. Uang keluar harus lebih sedikit dari uang masuk. 
Ini merupakan prinsip umum yang harus diterapkan dalam mengelola keuangan.
  • 4. Tidak hutang dan tidak mau dihutangin. 
Setiap kali ada orang yang mau hutang, tanya ke orang itu: "gimana kalau elu kasih gua suatu value (misalnya: kerja) buat gua, biar gua bisa bayar elu."

Jadi gak ada hutang2an. Jikalau hutang, gunakanlah untuk aset yang bisa bertumbuh. Kalau bisa hindari hutang. Hindari juga hutang melalui kartu kredit.
  • 5. Bayar sesuatu itu cash
Walaupun bayarnya 100% setiap bulan. Pakai cash, karena lebih sakit untuk pakai uang dalam bentuk cash.
  • 6. Fokus ke penghasilan. 
Gaji itu beda dengan penghasilan. Yang benar adalah bagaimana kamu menambah penghasilan. Paling gampang dengan membuka revenue stram yang berbeda dengan keahlian yang kamu punya. Telusuri lagi keahlianmu.
  • 7. Pelajari instrumen investasi dengan tujuan finansialmu
Investasi pakai instrumen dengan resiko rendah, misalnya untuk: beli HP. Investasi pakai instrumen seperti saham, misalnya untuk: dana pensiun. Kamu bisa cari di Googel kali nggak ngerti  saham. Dan Reksadanaadalah yang paling mudah btw.
  • 8. Banyak penghasilan bukan berarti banyak pengeluaran. 
Jangan kaget dengan uang yang banyak, hindari pemikiran semacam: uang bisa dicari lagi. Karena penghasilan naik, maka kemungkinan investasi juga lebih banyak. Dibandingkan foya-foya, milikilah mindset investasi tersebut.
  • 9. Punya budget
Minimal 10%, gunain penghasilan kamu untuk investasi. Alokasikan untuk investasi. Normal 10%-20%, di satu cerita Raditya Dika: 70% untuk invest.
  • 10. Beli lah pengalaman. 
Karena rasa hepi yang didapat lebih berbeda ketimbang kamu beli benda. Misal: ajak makan keluarga.
  • 11. Beli barang, pikirkan cost per use nya. 
Jumlah biaya setiap kali kamu menggunakan barang itu. Misal: mau beli ban pinggang mewah, daripada beli ban pinggang seharga 10jt yang umurnya hanya 1-2 tahun, lebih baik beli ban pinggang seharga 10jt yang umurnya panjang. Beli yang mewah-mewah bagus sekalian.
  • 12. Usahakan kalau belanja, sendirian. 
Karena kalau sama teman, bisa dihasut.
  • 13. Bayar pajak dan donasi/sedekah. 
Kalau kamu punya uang banyak, kamu juga harus bayar pajak. Jalani saja kewajibanmu sebagai warga negara. Donasi: melalui memberi sesuatu ke orang lain, kamu akan dapat kebahagiaan yang lain, ketimbang barang/pengalaman.
  • 14. Hubungan dengan uang adalah hubungan kebiasaan. 
Semua itu harus kamu biasakan. Perlu komitmen dan fokus. Hindari kalau stress dikit, belanja. Yang penting adalah bagaimana caranya kamu bisa memaintain-nya. Misalnya: stress, dimaintain dengan meditasi atau ngobrol dengan teman.
  • 15. Temukan pasangan yang perilakunya terhadap uang sehat. 
Jangan sampai sikap kamu yang sudah sehat tentang uang, tiba-tiba saat mau nikah, uang nya pas-pas an. Komunikasikan sikap uang kamu kepada pasangan kamu dari zaman pacaran, atau komunikasikan dengan baik. Saling komunikasikan. Sampai benar-benar saling tahu sikap masing-masing terhadap uang. Agar rumah tangga yang kamu jalani nanti lancar, terhindar dari konflik. Karena biasanya persoalan uang bisa menjadi sumber konflik yang lumayan besar.

Itulah beberapa tips mengatur uang ala bang Raditya Dika. Kecerdasan finansial emang penting untuk kita semua agar dapat mengelola dan memanfaatkan keuangan dengan efektif dan optimal.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat. Sampai jumpa di artikel Mahdaf berikutnya. Apa bila ada pertanyaan/request bisa berkomentar dibawah ini. Jangan lupa share ya..

Belum ada Komentar untuk "Dijamin Sukses! 15 Tips Mengatur Uang Ala Raditya Dika"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel