5 Kategori Planet di Alam Semesta Yang Perlu Kamu Ketahui

My Mahdaf - Alam semesta kita ini memang luas banget, kita tinggal bumi mungkin bagaikan butiran debu yang hinggap di suatu permukaan. Di alam semesta ada benda-benda langit yang bermacam-macam, seperti asteroid, meteorid, bintang maupun planet dan benda angkasa lainnya.

Saking banyaknya jenis benda langit, ilmuwan mengklasifikasinya dan mengelompokkannya serta memberi nama masing-masing jenisnya.

Sebut saja planet, planet adalah suatu benda yang berada di langit yang mengelilingi atau mengorbit bintang dengan lintasan serta memiliki kecepatan tertentu. Ketahuilah bahwa planet saat ini memiliki 2 jenis yakni planet dalam dan juga planet luar.

Namun, ada lagi kategori planet yang dibuat astronom untuk memudahkan membedakan planet di alam semesta.

Nah langsung saja, Berikut ini 5 kategori planet di alam semesta yang perlu kamu ketahui yang dikutip dari InfoAstronomy.

5 Kategori Planet Alam Semesta

Perlu diketahui, kategori disini bukan jenis-jenis planet seperti berbatu atau gas, melainkan sebutan bagi planet sesuai definisi yang telah ditetapkan oleh para astronom.

#1 Planet

Sebuah objek langit akan disebut planet jika:
1. Mengitari Matahari
2. Memiliki massa yang cukup besar sehingga bisa terjadi kesetimbangan hidrostatik yang bikin bentuknya bulat.
3. Telah mendominasi orbitnya dari adanya objek lain yang lebih kecil selain satelit alaminya.

Dalam hal ini, objek-objek yang disebut planet adalah Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus saja.

#2 Planet Katai

Menurut international astronomical union, planet katai adalah objek langit yang mengitari matahari memiliki massa yang cukup, sehingga bentuknya bisa bulat tetapi belum mampu mendominasi orbitnya dari objek kecil lain-lain selain satelit alaminya.Planet katai biasa disebut sebagai planet kerdil.

Contoh planet katai di tata surya kita antara lain ialah pluto, ceres, makemake dsb.

#3 Planet ekstrasurya 

Planet ekstrasurya adalah kategori untuk planet-planet yang mengitari bintang lain selain matahari kita sejauh ini sudah ditemukan lebih dari 4.000 planet ekstrasurya dalam rentang jarak 300 tahun cahaya dari bumi.

#4 Planet Pengembara

Planet pengembara adalah planet yang tidak mengitari bintang apa pun. Planet-planet ini pada awalnya berada di dalam suatu sistem bintang, tetapi karena interaksi gravitasi dengan planet-planet tetangganya bikin ia 'terlempar' keluar sistem bintangnya sendiri.

#5 Planet Ekstragalaksi 

Jika ekstra surya adalah planet di luar tata surya kita.  Planet ekstragalaxy adalah planet-planet yang terletak di luar galaksi bima sakti. Planet ekstragalaksi pertama yang ditemukan oleh para astronom adalah M51-ULS-1b yang mengitari salah satu bintang di galaksi M51, 28 juta tahun cahaya jauhnya dari bumi kita

Itulah beberapa kategori planet di alam semesta. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuan kamu. Sampai jumpa di artikel Mahdaf berikutnya. Apa bila ada pertanyaan/request bisa berkomentar dibawah ini. Jangan lupa share ya.

Belum ada Komentar untuk "5 Kategori Planet di Alam Semesta Yang Perlu Kamu Ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel