10 Tips Memakai HP Untuk Mencegah Kerusakan Mata

My Mahdaf - Memakai gadget sudah menjadi suatu kebiasaan pada zaman sekarang ini. Apalagi pandemi virus corona yang mengharuskan kita berada di rumah saja membuat kecenderungan untuk memakai gadget lebih banyak lagi.

Selain memiliki banyak kegunaan, gadget juga memiliki berbagai resiko untuk tubuh. Salah satunya ialah sinar biru pada gadget yang dapat merusak mata. Entah itu dari smartphone, laptop ataupun tablet.

Sangatlah rentan terkena efek berbahaya dari radiasi sinar biru gadget. Dan dapat merusak mata secara perlahan-lahan jika kita memakai gadget tanpa aturan dan tanpa pencegahan. Perlu dilakukan pencegahan agar mata kita tidak rusak.

Lalu bagaimana agar kita dapat melindungi mata dari radiasi tanpa harus berhenti menggunakan gadget tersebut?

Ada beberapa cara untuk mencegah kerusakan mata akibat gadget. Hal ini juga bisa menyebabkan mata minus. Kamu bisa melakukan tips trik berikut yang berguna mengurangi paparan radiasi sinar biru. Berikut ini Tips Memakai HP Untuk Mencegah Kerusakan pada Mata.

Baca Juga: Apa Itu Radiasi Sinar Biru Gadget? Resiko dan Cara Mengatasinya?

Tips Memakai HP Untuk Mencegah Kerusakan pada Mata

tips memakai hp untuk mengurangi kerusakan mata
Smartphone atau gadget memiliki sinar biru yang dapat membahayakan mata kita. Seharusnya sinar biru ini bisa bermanfaat akan tetapi jika berlebihan bisa jadi penyebab mata minus. 

Berikut adalah beberapa tips memakai hp agar mengurangi radiasi sinar biru.

Disarankan untuk melihat sesuatu yang terletak 20 kaki (6 meter) jauhnya selama 20 detik setiap 20 menit.
  • 2. Berkedip 
Untuk mengurangi kekeringan mata, coba tutup mata Anda selama 2 detik, lalu buka mata dan berkedip cepat selama 5 detik.
  • 3. Pemfokusan ulang
Ini adalah latihan yang baik untuk otot mata Anda untuk mengalihkan pandangan dari layar Anda ke tempat terjauh yang dapat Anda lihat, diikuti dengan memfokuskan pada ibu jari yang berjarak 30 cm di depan mata Anda selama beberapa detik.
  • 4. Memutar mata
Putar mata Anda searah jarum jam beberapa kali, lalu istirahat dan putarkan ke arah berlawanan arah jarum jam.
  • 5. Palming
Gosokkan kedua telapak tangan Anda untuk menghasilkan panas sebelum dengan lembut menekannya ke mata Anda selama beberapa detik.

  • 6. Gunakan Mode Baca
Mode Baca pada smartphone bisa mengurangi paparan sinar biru. Mode Baca secara otomatis mengurangi tingkat cahaya biru yang dipancarkan dari layar untuk membuat tampilan menjadi lebih nyaman untuk mata Anda.

Cara pakai mode Baca:
Ada dua cara untuk menghidupkan dan mematikan mode Baca:

1. Tarik ke bawah dari bagian atas Layar utama untuk menampilkan toggle layar notifikasi, kemudian ketuk toggle mode Baca.

2. Pergi ke Setelan > Tampilan > Mode Baca. Di layar yang sama, Anda dapat menjadwalkan untuk menghidupkan dan mematikan mode Baca secara otomatis dan menyesuaikan suhu warna.

  • 7. Pakai HP di tempat yang terang jangan di tempat yang gelap
Jangan memakai smartphone di tempat yang gelap. Gunakanlah di tempat yang terang dan cukup cahaya.
  • 8. Jangan memakai HP sambil tiduran 
Jangan memakai gadget sambil tiduran atau rebahan di kasur sambill tidur karena dapat merusak mata dan membuat mata silinder.
  • 9. Jangan gunakan hp pada malam hari, utamanya saat akan tidur
Kebiasaan memakai perangkat elektronik pada malam hari memang sulit dihilangkan, tapi untuk mengurangi risiko dari paparan sinar biru, kita bisa menurunkan tingkat pencahayaan yang tersedia di perangkat HP atau menyalakan mode malam hari yang tersedia.

Namun, untuk memangkas habis risiko-risiko kesehatan yang bisa ditimbulkan oleh paparan sinar biru pada malam hari, kita harus menjauhkan atau mematikan perangkat elektronik pada malam hari beberapa jam sebelum tidur dan mematikan lampu pada saat tidur.

  • 10. Pakai Aplikasi Untuk mengurangi Sinar Biru
Dengan memakai aplikasi aplikasi ini, kamu dapat menguragi paparan sinar biru dan menyesuaikan dengan waktu dan lingkungan dan kenyamanan mata kamu.

Baca: Aplikasi Untuk Mengurangi Sinar Biru Gadget

Serta jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan atau sayur yang banyak vitamin A nya ya..

Sekian, artikel tentang tips memakai hp untuk mengurangi sinar biru kali ini, semoga bermanfaat. Sampai jumpa di artikel Mahdaf berikutnya. Apa bila ada pertanyaan/request bisa berkomentar dibawah ini. Jangan lupa share ya..

Belum ada Komentar untuk "10 Tips Memakai HP Untuk Mencegah Kerusakan Mata"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel